Home Top Ad

Responsive Ads Here

Wiring



Wiring adalah teknik yang digunakan oleh designer jaringan tentang bagaimana cara pengkabelan dari jaringan tersebut yang akan dibuat. Seorang perancang jaringan tentu harus bisa menguasai materi ini karena hal ini akan berhubungan denganefisiensi jaringan dan juga tampilan dari jaringan itu sendiri mulai darikerapihannya, penataannya, dll.

Wiring terbagi menjadi 2 macam, diantaranya:


  1.        Wiring Vertical (Backbone Cabling)

Ruang telekomunikasi di setiap lantai dihubungkan oleh Wiring Vertical atau Backbone Cabling. Jenis wiring ini biasanya dilakukan dari lantai ke lantai sehingga setiap ruang telekomunikasi di setiap lantai harus berada langsung di atas satu sama lain untuk meminimalisir panjangnya jalan kabel.Dengan muncul dari Gigabit Ethernet dan 10 Gigabit Ethernet, kabel Fiber Optic adalah pilihan yang paling tepat untuk backbone kabel karena dapat menyediakan bandwidth sangat tinggi.

2.      Wiring Horizontal

Wiring horizontal dijalankan dari setiap workstation di suatu lantai yang sama ke ruang telekomunikasi, kemudian berakhir pada pemutusan punchdown, atau langsung ke patch panel. Di ruang telekomunikasi, peralatan jaringan seperti hub atau switch terhubung ke setiap stasiun kabel. Hub atau switch kemudian melewati sinyal komputer ke workstation lain atau ke server, atau bahkan ruang telekomunikasi lainnya untuk konektivitas utama dengan seluruh jaringan.


Sumber Referensi:
·         Jaringan dasar 1 / penulis: Supriyanto / Kementrian Pendidikan & Kebudayaan.
·         Komunikasi data & Interface / penulis: Djoko Sugiono / Kementrian Pendidikan & Kebudayaan.
·         Modul Jaringan Dasar / penulis: Supriyanto
·         Jaringan komputer / penulis: Anjik Sukamaaji, S.Kom, dan Rianto, S.Kom
·         Komunikasi Data & Jaringan Dasar
       Horizontal Wiring & Vertical Wiring.pdf
 
Wiring Wiring Reviewed by Yandi Rizki Nugraha on August 09, 2015 Rating: 5

No comments

About