Home Top Ad

Responsive Ads Here

Media




Media adalah suatu alat atau perangkat dan sebuah perantara yang menghubungkan suatu barang elektronik dengan perangkatnya. Media dalam jaringan komputer digunakan sebagai workstation atau client. Media dalam jaringan dasar berupa:

  • LAN Card/Network Interface Card (­Kartu jaringan)
Sebuah kartu jaringan (LAN Card) yang terpasang pada sebuah komputer server maupun workstation sehingga komputer dapat dihubungkan ke dalam sistem jaringan. Apabila terjadi gangguan atau kerusakan pada kartu jaringan berakibat pada komputer tersebut tidak dapat masuk dalam sistem jaringan.
  • Twisted Pair Cable
Twisted Pair Cable ini terdiri dari dua jenis yaitu shielded dan unshielded. Shielded adalah jenis kabel yang memiliki selubung pembungkus dan unshielded adalah jenis kabel yang tidak memiliki selubung pembungkus, untuk koneksinya kabel jenis ini menggunakan konektor RJ-11atau RJ-45. 
  • Switch
Switchmerupakan terminal bagi kartu jaringan (Network Card). Jika terminal mengalami kerusakan berarti seluruh jaringan juga tidak dapat berfungsi untuk berkomunikasi antar workstation atau komputer workstationdengan server. Apabila terjadi kerusakan pada switch dapat dilihat pada lampu indikator power dan lampu indikator untuk masing-masing workstation.
  • Modem ADSL
Modem adalah singkatan dari modulator demodulator. Komunikasi data  bisa berupa analog atau digital. Modulasi adalah suatu proses mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Sinyal analog dikirim melalui saluran komunikasi ke ujung lain dari suatu jaringan. Di ujung lain sinyal tersebut dikembalikan ke bentuk asalnya yaitu bentuk digital yang bisa diinterpretasikan oleh komputer. Proses pengubahan ini dinamakan demodulasi


Sumber Referensi:
·         Jaringan dasar 1 / penulis: Supriyanto / Kementrian Pendidikan & Kebudayaan.
·         Komunikasi data & Interface / penulis: Djoko Sugiono / Kementrian Pendidikan & Kebudayaan.
·         Modul Jaringan Dasar / penulis: Supriyanto
·         Jaringan komputer / penulis: Anjik Sukamaaji, S.Kom, dan Rianto, S.Kom
·         Komunikasi Data & Jaringan Dasar
 
Media Media Reviewed by Yandi Rizki Nugraha on August 09, 2015 Rating: 5

No comments

About