Home Top Ad

Responsive Ads Here

Klasifikasi jaringan komputer



Klasifikasi jaringan komputer terbagi menjadi 2 yaitu:
1.      Berdasarkan Teknologi Transmisi
Jaringan Broadcasting
Memiliki saluran komunikasi tunggal yang digunakan secara bersama-sama oleh semua komputer seluruh jaringan tersebut. Pesan berukuran kecil yang disebut Paket , dikirim oleh satu komputer dan diterima oleh komputer lainnya. Di dalam paket tersebut terdapat beberapa informasi seperti alamat pengiriman, alamat penerima, ukuran paket, dan isi dari paket tersebut. Ada tida macam operasinya : One resource to one destination, dimana pengirim ditujukan hanya untuk satu komputer tertentu. Broadcasting, paket dikirimi ke semua tujuan yang ada Multicasting, paket dikirim ke satu subset dari komputer.
2.      Berdasarkan Geografis
Jaringan Komputer terbagi menjadi Jaringan Wilayah Lokal atau Local Area Network (LAN) , Jaringan Wilayah Metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN) dan Jaringan Wilayah Luas atau Wide Area Network (WAN), Jaringan tanpa kabel (Nirkabel / Wi-Fi), Internetwork.

MAN (Metropolitan Area Network)
Jaringan MAN merupakan jaringan LAN yang berukuran besar yang menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN diimplementasikan oleh sebuah perusahaan sebagai fasilitas publik, namun digunakan oleh individu maupun organisasi.

WAN (Wide Area Network)
Jaringan WAN merupakan jaringan yang mencakup area yang lebih luas sebagai contoh adalah jaringan komputer antar wilayah, antar Negara, maupun antar benua. Jaringan WAN ini bukan hanya terdiri dari media transmisi namun juga sejumlah router yang saling interkoneksi. WAN biasanya digunakan oleh perusahaan yang memiliki banyak cabang di berbagai tempat.
Jaringan Nirkabel (Wi-Fi)
Jaringan nirkabel (wireless network) atau lebih modernnya disebut Wi-Fi adalah suatu jaringan lokal yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisinya, bukan lagi menggunakan kabel untuk memberikan sebuah koneksi internet ke seluruh pengguna dalam area sekitar.

Internetwork
Internet merupakan induk dari semua jaringan di seluruh dunia. Saat ini internet telah berfungsi sebagai jantung dari era informasi. Internet disebut induk dari semua jaringan karena kata Internet adalah jaringan komputer di seluruh dunia yang menghubungkan jaringan komputer yang lebih kecil, misal jaringan pendidikan, komersial, militer, individual, dll.


Sumber Referensi:
·         Jaringan dasar 1 / penulis: Supriyanto / Kementrian Pendidikan & Kebudayaan.
·         Komunikasi data & Interface / penulis: Djoko Sugiono / Kementrian Pendidikan & Kebudayaan.
·         Modul Jaringan Dasar / penulis: Supriyanto
·         Jaringan komputer / penulis: Anjik Sukamaaji, S.Kom, dan Rianto, S.Kom
·         Komunikasi Data & Jaringan Dasar

Klasifikasi jaringan komputer Klasifikasi jaringan komputer Reviewed by Yandi Rizki Nugraha on August 09, 2015 Rating: 5

No comments

About