Home Top Ad

Responsive Ads Here

Perangkat



1.     1. Host dan Node
Adalah sistem komputer yang berfungsi sebagai sumber atau penerima dari data yang dikirimkan. Local Host adalah sistem komputer yang dapat diakses oleh pemakai tanpa melalui jejaring. Remote Host adalah sistem komputer  yang dapat digunakan oleh jejaring. Keduanya disebut simpul.
End note adalah node yang tidak dapat meneruskan data yang diterimanya ke node lainnya. Rounting Node adalah node yang dapat meneruskan data ke node lain. Keduanya dapat mengirim dan menerima data.

2.      2. Bridging
Adalah sebuah perangkat yang membagi satu buah jaringan kedalam dua buah jaringan, ini digunakan untuk mendapatkan jaringan yang efisien, dimana kadang pertumbuhan network sangat cepat makanya di perlukan jembatan untuk itu. Kebanyakan Bridges dapat mengetahui masing-masing alamat dari tiap-tiap segmen komputer pada jaringan sebelahnya dan juga pada jaringan yang lain di sebelahnya pula. Diibaratkan bahwa Bridges ini seperti polisi lalu lintas yang mengatur di persimpangan jalan pada saat jam-jam sibuk. Dia mengatur agar informasi di antara kedua sisi network tetap jalan dengan baik dan teratur. Bridges juga dapat di gunakan untuk mengkoneksi diantara network yang menggunakan tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda pula.
  
3.      3. Konsentrator
Perangkat ini merupakan tulang punggung utama suatu jaringan. Digunakan untuk mengakses seluruh node baik berupa client, gateway, maupun server yang terhubung pada jaringan. Pada media kabel yang digunakan adalah konsentrator berupa Hub atau Swich. Dan pada nirkabel berupa Wireless Acces Point (WAP)
1.      Hub
Meupakan konsentrator yang bersifat statis dan membagi akses jaringan secara merata keseluruh node yang terhubung.

2.      Switch
Switch mampu membagi akses jaringan hanya kepada note yang aktif. Sehingga bila node yang aktif sedikit, akses jaringan akan semakin cepat.
3.  Wireless Acces Point (WAP)
Merupakan jaringan yang mengijinkan jaringan nirkabel untuk terhubung ke jaringan komputer menggunakan standar WiFi maupun yang lain. Wilayah penyebaran akses WAP biasa dikenal dengan istlah Hot-Spot

  4. Routers
Sebuah Router mengartikan informasari dari satu jaringan ke jaringan yang lain, dia hampir sama dengan Bridge namun agak pintar sedikit, router akan mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasakan atas alamat tujuan dan alamat asal. Sementara Bridges dapat mengetahui alamat masing-masing komputer di masing-masing sisi jaringan, router mengetahui alamat komputer, bridges dan router lainnya. router dapat mengetahui keseluruhan jaringan melihat sisi mana yang paling sibuk dan dia bisa menarik data dari sisi yang sibuk tersebut sampai sisi tersebut bersih.




REFERENSI:
·         Jaringan dasar 1 / penulis: Supriyanto / Kementrian Pendidikan & Kebudayaan.
·         Komunikasi data & Interface / penulis: Djoko Sugiono / Kementrian Pendidikan & Kebudayaan.
·         Modul Jaringan Dasar / penulis: Supriyanto
·         Jaringan komputer / penulis: Anjik Sukamaaji, S.Kom, dan Rianto, S.Kom
·         Komunikasi Data & Jaringan Dasar

Perangkat Perangkat Reviewed by Yandi Rizki Nugraha on August 09, 2015 Rating: 5

No comments

About