Home Top Ad

Responsive Ads Here

Pengenalan Apache

Apache

Pengertian Apache
Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak Sistem Operasi berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web ini mengunakan HTTP.Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigur, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain.
Apache juga didukung oleh sejumlah Graphical User Interface(GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah. Apache merupakan software open source yang dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang dibawah Apache Software Foundation.

Sejarah Apache
Asal mula nama Apache berasal dari sebuah server web populer yang dikembangkan pada awal tahun 1995 yang bernama NCSA HTTPd 1.3 lalu mengalami sejumlah perubahan besar terhadap kode sumbernya (patch). Saking banyaknya patch pada perangkat lunak tersebut sehingga disebut sebuah server yang memiliki banyak patch (“a patchy” server).
Sebelumnya, Apache merupakan software Open Source yang menjadi alternatif dari server web Netscape (sekarang dikenal sebagai Sun Java System Web Server). Sejak April 1996 Apache menjadi server web terpopuler di internet.

Kelebihan Apache
Apache memiliki berbagai kelebihan sebagai berikut :
1.       Merupakan Software Open Source.
2.       Apache dapat berjalan di beberapa Sistem Operasi .
3.       Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigurasi, autentikasi  berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah Garphical User Interface (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah.
4.       Fleksibel untuk di setting dengan PHP dan MySQL.
5.       Kehandalannnya telah teruji.

Kekurangan Apache
1.       Web server Apache tidak memiliki kemampuan mengatur load, sehingga akan terus mambuat proses baru hingga nilai MaxClients tercapai atau hingga batas yang diizinkan oleh OS. Ini menyebabkan RAM akan lebih cepat habis.
2.       Apache tidak memproses karakter kutip dalam string Referrer dan User-Agent yang dikirimkan oleh Client. Ini berarti Client dapat memformulasi inputnya secara hati-hati untuk merusak format baris log akses.
             Terganggunya proses upload data, yang bisa menyebabkan software salah dalam menerjemahkan ukuran data yang masuk. Dengan celah tersebut, hacker dikabarkan dapat mengeksploitasi kerentanan dengan cara mengirimkan request pada server Apache bersangkutan.
Pengenalan Apache Pengenalan Apache Reviewed by Yandi Rizki Nugraha on February 12, 2016 Rating: 5

No comments

About